Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Untuk menekan pelanggaran kelengkapan administrasi ataupun kelaikan kendaraan khususnya angkutan muatan barang dan penumpang, Dinas Perhubungan Kota Tegal dan Satlantas Polres Tegal Kota menggelar razia khusus kendaraan tersebut. Razia dilaksanakan di jalan Panggung Timur (Kawasan Tempa) Kota Tegal.

Santosa selaku Kasie Pengendalian Operasional Dishub Kota Tegal disela-sela razia mengatakan sudah kali ketiga razia kelaikan kendaraan dan kir kendaraan angkutan penumpang dan muatan dilaksanakan. Hal ini untuk meminimalisir pelanggaran administratif ataupun meminimalisir terjadinya kecelakaan lantaran lantaran kurang optimalnya kendaraan yang digunakan untuk mengangkut.

Menurut Santosa, dalam razia ini, yang diperiksa meliputi kelaikan secara teknis dan kelaikan secara administrasi. Kelaikan secara teknis meliputi fisik kendaraan, dari mulai mesin, rem, dan kelengkapan lainnya, apakah sudah baik dan benar-benar optimal untuk perjalanan atau tidak. Sedangkan kelaikan administrasi meliputi kelengkapan surat dan ijin trayek, sudah lengkap atau belum atau sudah uji KIR atau belum.

Ditegaskannya, razia tidak melihat plat kendraan baik dari Tegal maupun luar kota Tegal dan tidak melihat angkutan barang umum ataupun tidak, tetapi semua angkutan yang melintas akan diperiksa.

Mereka yang kedapatan kurang lengkap atau dengan kata lain kurang laik langsung diberi sanksi tilang. Karena razia yang digelar juga melibatkan Satlantas Polres Tegal Kota.

Menurut Santosa, meski sangat jarang pemilik angkutan barang atau penumpang yang sama sekali tidak mengurus uji laik, tetapi razia ini setidaknya bisa mengingatkan para pemilik kendaraan yang belum mengurus uji laik.

Dari pengamatan Dishub sendiri, kesadaran pemilik kendaraan sudah mulai meningkat. Ada juga yang mengurus terlambat, atau karena biasanya kendaraan sudah dijual ditempat jauh, atau bs juga krn mengalami kecelakaan.

Dijelaskan Santosa, untuk uji laik sendiro diberlakukan setiap 6 bulan sekali dan sejauh ini, untuk uji KIR di Dishub Kota Tegal rata-rata pemilik kendaraan pasti mengurusnya.

Top