Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL- Berbagai prestasi kembali diraih Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam kiprahnya memimpin Kota Tegal. Kali ini Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) menganugerahkan gelar Bunda Baca kepada Walikota Tegal yang akrab disapa Bunda Sitha itu. Pengukuhan gelar tersebut dilakukan Perpusnas RI melalui Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Dra. Woro Titi Haryati kepada walikota saat acara penutupan Tegal Pustaka Vaganza yang ditandai dengan penyematan selempang Bunda Baca di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tegal. Sabtu (29/4).

Penganugerhan ini diberikan kepada walikota karena kiprahnya dalam memajukan serta menumbuhkan minat baca pada masyarakat di Kota Tegal. “Bunda Sitha dapat dijadikan role model serta panutan bagi bagi seluruh keluarga akan pentingnya membaca”, ujar Titi. Tidak semua kepala daerah dapat mendapatkan gelar ini karena hanya yang memenuhi kriteria saja yang bisa mendapatkannya, “Saat ini baru hampir 50 orang saja se Indonesia yang dapat mendapat anguerah semacam ini, karena penganugerahan ini dilihat dari kiprahnya memajukan minat baca yang dapat dijadikan role model serta panutan bahwa membaca berguna untuk maskayakat”, ungkapnya

Menanggapi pemberian anugerah tersebut, walikota Tegal mengungkapkan apresiasinya kepada Perpusnas RI karena atas seleksinya memberikan anugerah gelar Bunda Baca kepadanya. “Terimakasih kepada Perpusnas RI yang telah memberikan Anugerah Bunda Baca, anugerah ini akan saya persembahkan untuk masyarakat Kota Tegal karena yang paling penting sekarang ini warga Kota Tegal cinta dan gemar membaca”,ucap walikota.

Untuk itu tugas pemerintah ke depan akan menyediakan lebih banyak sarana pendukung untuk menumbuhkan kesenangan membaca, masyarakat juga dihimbau agar mau pintar dengan menyeleksi bacaan-bacaan yang bermanfaat untuk diri sendiri. Pemberian anugerah ini diungkapkan walikota akan menjadi pendorong dan penyemangat Pemkot Tegal untuk selalu meningkatkan inovasi terhadap pengembangan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca.

Untuk itu dikatakan walikota dalam waktu dekat menyambut bulan puasa, Pemkot Tegal bahkan berencana mengadakan book fair sebagai media ngabuburit cerdas dengan menggelar lapak baca di sekitar alun-alun. “Sambil menunggu buka puasa, bersama teman, atau keluarga masyarakat bisa memanfaatkan waktunya dengan membaca di bookfair serta lapak baca yang akan disediakan di alun-alun”,ujarnya. Walikota berharap dengan langkah-langkah inovasi seperti ini minat dan kegemaran membaca masyarakat Kota Tegal dapat semakin ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI Drs. M. Syarif Bando MM dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustkaan Dra. Woro Titi Haryati mengatakan penganugerahaan ini menunjukan apresiasi dari pemerintah atas komitmen yang tinggi dari kepala daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Kota Tegal yang cerdas, kompeten, mandiri, dan dan berdaya saing serta sejahtera.

Penganugerhan ini menjadi langkah awal yang harus diikuti masing-masing keluarga melalui ibu di Kota Tegal. “Karena peran bunda dalam keluarga tidak dapat diabaikan dan digantikan sebagai teladan dan role model, sehaingga harapannya para ibu di Kota Tegal dapat mengikuti langkah walikota dengan mengenalkan bahan bacaan sejak usia dini bagi putra putrinya.

Syarif berharap setelah adanya anugerah ini, walikota dapat terus menerus membuat langkah nyata yang diikuti oleh masing di keluarga serta satuan pendidikan di Kota Tegal dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi dengan memiliki program wajib baca maupun tugas baca serta inovasi lainnya yang dapat mendorong tumbuhnya budaya baca di Kota Tegal.

Top