Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL - Ratusan pelajar madrasah ikuti sekeksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kota Tegal, Sabtu (6/5) di MI Ihsaniyah 01 Jalan Jeruk No. 59 Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno dihadiri oleh Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Tegal Ahmad Farhan, Kepala Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Tegal dan puluhan guru pendamping.

Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti seleksi tersebut diantaranya MI Assalafiyah, MI Ihsaniyah 01 Debong Tengah, MI Ihsaniyah 02 Debong Tengah, MI Darunnajah, MI Mambaul Ulum, MI Nurul Huda 01.

Kemudian, MI Nurul Huda 02, MI Islamiyah, MI At Taqwa, MI Miftahul Huda, MI Ihsaniyah 01 Kaligangsa, MI Ihsaniyah 02 Kaligangsa, MI Ar Ridho, MI Miftahul Ulum Tegalsari, MI Ar Rahman dan MI Miftahul Ulum Pesurungan Kidul.

Ketua panitia penyelenggara Sobirin Tohir mengatakan aksioma dan kompetisi sains madsarah ini sebagai wahana bagi siswa untuk mengembangkan bakat, minat, potensi dan kreatifitas. Selain itu memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan individual, emosional dan spiritual.

“Kegiatan ini juga dapat membangun budaya kompetisi secara sehat dan sportif, mengembangkan kepercayaan diri dan membangun rasa kebersamaan antar siswa madrasah,” ungkap Sobirin

Adapun untuk bidang yang dilombakan, Sobirin menambahkan materi yang dilombakan untuk KSM terdiri atas mata pelajaran matematika, Pendidikan Agama Islam (PAI) dan IPA. Sedangkan untuk Aksioma terdiri dari cabang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Pidato Bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Ahmad Farhan mengatakan KSM-Aksioma dapat meningkatkan mutu dan kualitas madrasah. Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa madrasah.

“Mudah-mudahan siswa madrasah Kota Tegal bakal menjadi generasi penerus yang membanggakan,” kata Ahmad Farhan.

Sementara itu, Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno sangat mengapresiasi kegiatan Aksioma dan KSM Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan ajang kompetesi dan motivasi khususnya di dunia pendidikan.

Walikota menyampaikan betapa pentingnya memperhatikan kemajuan pendidikan berbasis unggulan terutama pendidikan akhlak. “Kita harus memperhatikan generasi kita dengan pembinaan ahlak yang melekat pada kepribadaian dan perilaku sehari-hari,” ujar Walikota

Walikota juga berpesan kepada siswa-siswi madrasah untuk tidak meninggalkan sholat, mengaji, berdoa dan selalu menanamkan didalam hati cinta kepada Allah dan Rasul serta menaati ajaran-ajaran yang disampaikan.

“Jangan tinggalkan sholat, jangan tinggalkan mengaji, jagan lupa berdoa dan selalu tanamkan didalam hati cinta kepada Allah dan Rosul serta taati ajaran-ajaran yang disampaikan,” imbuh Walikota

Walikota juga berpesan kepada guru unruk selalu memberikan motivasi sebab anak-anak adalah calon pemimpin yang harus dibina melalui progaram pendidikan. “Bunda akan memberhatikan lebih pada dunia pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur. Pendidikan merupakan dasar agar indonesia memiliki generasi yang tangguh,” pungkas Walikota

Pada kesempatan tersebut Walikota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno juga memberikan tali asih sebesar Rp. 3 juta rupiah kepada panitia penyelenggara untuk membantu kegiatan Aksioma dan KMS MI tingkat Kota Tegal. Tali asih tersebut diterima oleh ketua panita penyelenggara Sobirin Tohir.

Top