Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL- Setelah mencanangkan Tegal Kota Kuliner beberapa waktu lalu, kini dalam upayanya mempertahankan serta melestarikan seni budaya serta kulinernya, Pemerintah Kota Tegal kembali mengadakan Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe. Beragam permainan tradiosional hingga kuliner lawas hadir menghiasi festival yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal di Jalan Pemuda. Sabtu. (13/5).

Cetil, Glotak, Awul-awul, Gemblong menjadi beberapa jajanan lawas yang bisa didapatkan dalam stan-stan makanan yang tersedia dari seleruh kelurahan yang ada di Kota Tegal. Tidak hanya menyuguhkan beragam jajanan lawas, permainan tadiosional salah satunya balap bakyak bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung anak-anak. Tidak hanya anak-anak, bahkan beberapa orang dewasa juga terlihat mencobanya.

Selain dalam rangka untuk memperingati Hari Jadi Kota Tegal, event yang diselenggarakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk suntuk melestarikan seni budaya dan kuliner khas Kota Tegal. Hal ini sesuai yang diungkapkan Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha dalam sambutan pembukaanya bahwa Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe merupakan ajang yang sangat positif untuk melestarikan seni dan budaya serta kuliner khas Kota Tegal yang saat ini mulai terlupakan.

“Festival ini sebagai pengingat bahwa Kota Tegal mempunyai beragam seni dan budaya sebagai sebuah potensi serta kekayaan bangsa”,ucap walikota. “Selain sudah terkenal dengan wartegnya, Kota Tegal masih mempunyai beragam seni dan budaya lainnya seperti tarian dan seni budaya balo-balo”,imbuhnya.

Karena itu, menurut walikota anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sekarang ini sudah saatnya diberikan kembali perhatianya kepada seni dan budayanya. “Selain memunculkan nuansa nostalgia bagi generasi terdahulu, festival ini juga bertujuan untuk menularkan rasa cinta dan bangga terhadap seni dan budaya bagi anak-anak.”ujar walikota

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Drs. Johardi, MM dalam laporannya mengatakan maksud diadakannya Festival Seni Budaya dan Kuliner Tegal Tempo Doeloe adalah untuk menggali potensi baik masyarakat maupun anak-anak dalam bidang pendidikan, ketrampilan, seni budaya serta untuk melestarikan permainan rakyat dan kuliner.

Adapun peserta yang mengikuti nya berasal dari Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Sanggar Seni, UMKM Batik, Produk SMK serta dari Intansi Perbankan dengan total 33 stan. “Adapun seluruh stan tersebut akan dinilai oleh dewan juri untuk mencari pemenang yang akan mendapatkan piala,piagam serta uang pembinaan dengan total hadiah sebesar 9 Juta rupiah”, pungkas Johardi

Top