Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kepada masyarakat selama ramadhan dan lebaran tahun ini, Kantor Perwakilan BI Tegal menyiapkan Rp 4,5 Triliun. Jumlah tersebut merupakan kebutuhan untuk penukaran maupun pengisian ATM dan penarikan.

Kepala KPw BI Tegal, Joni Marsius saat Pers Conference di Ruang Rapat KPw BI Tegal, Kamis (8/6) mengatakan, masyarakat tidak perlu panik untuk mendapatkan uang pecahan bagi kebutuhan lebaran tahun ini, karena BI menyediakan pecahan yang cukup dan kondisi layak edar. Tidak hanya itu BI, Bank Umum dan BPR diseluruh Eks. Karasidenan Pekalongan akan membuka layanan penukaran uang kecil bagi masyarakat.

Dijelaskan Joni, untuk BI layanan penukaran uang hanya untuk uang rusak dan uang yang dicabut dari peredaran, yakni setiap Selasa dan Kamis. Sedangkan penukaran uang kecil bagi masyarakat melalui mobil layanan kas keliling yang sudah dimulai sejak 30 Mei dan berlangsung sampai 23 Juni 2017. Mobil kas akan dijadwalkan dititik-titik ramai masyarakat. Selain itu, untuk penukaran uang kecil juga diselenggarakan oleh Bank Umum dan BPR.

Jadi, jika masyarakat tidak bisa menukar melalui mobil kas keliling, bisa langsung datang ke bank-bank terdekat. Meski demikian, KPw BI Tegal juga tetap mengatur agar masyarakat tidak melakukan penukaran melebihi kebutuhan. Hal ini dilakukan supaya masyarakat dapat memperoleh pecahan yang merata dan untuk menghindari pecahan dikuasai beberapa orang saja. Masyarakat juga tidak perlu menukar kepada penukar-penukar yang dapat merugikan masyarakat.

Ditambahkan Joni, jika melihat ramadhan tahun 2016, jumlah penarikan yang dilakukan perbankan mencapai Rp 2,52 Triliun, dan diperkirakan tahun ini meningkat sebesar 40% menjadi Rp 3,6 Triliun, sehingga disiapkan untuk tahun ini Rp 4,5 Triliun.

Joni menghimbau kepada dinas, perusahaan, instansi yang membutuhkan penukaran, bisa melakukan penukaran secara kolektif.

Top