Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Bidang Mutasi Kepangkatan Pembinaan dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tegal terus berupaya melaksanakan peningkatan pelayanan kepegawaian bagi seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Salah satunya dalam bidang kepangkatan yang menghadirkan Aplikasi New SIKAPE (Sistem Informasi Kenaikan Pangkat) berbasis website yang menerapkan usul kenaikan pangkat secara lesspaper (sedikit berkas) khususnya bagi kenaikan pangkat regular.

Produk inovasi kepangkatan tersebut telah dilaunching oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, Drs. Irkar Yuswan Apendi, MM, pada hari Rabu lalu tanggal 21 Juni 2017 di Ruang Rapat BKPPD Kota Tegal diikuti dengan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis bagi seluruh pelaksana kepegawaian SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Gagasan pengembangan aplikasi SIKAPE yang semula diciptakan sebagai sarana untuk memudahkan pencetakan pengantar dan nominatif kenaikan pangkat, kini sistem layanan kenaikan pangkat tersebut diperbaharui kembali dengan menghadirkan NEW SIKAPE yang tentunya membawa sejumlah manfaat lebih dan kemudahan bagi pengelola kepegawaian di seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal dalam melaksanakan proses kenaikan pangkat.

New Sikape memfasilitasi proses usul kenaikan pangkat secara lesspaper (sedikit berkas) bagi kenaikan pangkat reguler. Berkas persyaratan kenaikan pangkat sebanyak rangkap 3 (tiga) yang biasanya dikirim ke BKPPD tentunya menajdi hal yang kurang efektif dan efektif dalam pengusulan kenaikan pangkat.  Sehingga dengan New SIKAPE, admin kepegawaian SKPD dapat mengirim berkas persyaratan secara online dengan mengupload scan data pesyaratan. Persyaratan yang diupload pun harus lengkap karena jika tidak lengkap akan otomatis tertolak usul kenaikan pangkatnya. Tentunya proses kenaikan pangkat lesspaper didukung dengan perangkat yang memudahkan BKPPD menjalankan fungsi verifikasinya. Salah satunya dengan adanya nota usul yang akan mempermudah pengelola kepangkatan untuk verifikasi dan entry data ke SAPK. Selain itu, upload berkas sebagai bagian dari usul kenaikan pangkat juga mengaktifkan otomatis kembali lumbung berkas. Hal ini sejalan dengan cita-cita BKN untuk mewujudkan layanan kenaikan pangkat paperless (tanpa berkas) secara online sehingga proses kenaikan pangkat menjadi lebih Caem (Cepat Efektif dan Mudah).

Selain usul kenaikan pangkat secara lesspaper, pemanfaatan lainnya dari New SIKAPE antara lain adanya menu ruang informasi terkait dengan layanan kenaikan pangkat serta Menu Tanya SIKAPE dengan FAQ (Frequently Asked Question) atau tanya langsung yang bisa diakses oleh seluruh PNS. Ruang informasi berfungsi sebagai sarana bagi semua PNS memperoleh update informasi yang berkaitan dengan kenaikan pangkat. Sedangkan Tanya Sikape adalahi layanan konsultasi online untu mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan permasalahan seputar kenaikan pangkat. Dengan demikian PNS tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk datang ke BKPPD untuk melakukan konsultasi secara face to face. Layanan Tanya Sikape terhubung dengan android pengelola kepangkatan BKPPD sehingga dapat di jawab langsung ke email yang bersangkutan dengan konfirmasi jawaban dalam 2x24 jam.

Top