Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Keberadaan ojek online di wilayah Kota Tegal sampai saat ini dikeluhkan oleh para supir angkutan umum, ojek konvensional termasuk pula para tukang becak. Mereka mengakui, setelah adanya ojek online pendapatannya menurun.

Rasmono, seorang tukang becak di Tegal mengatakan untuk mendapatkan penumpang saat ini susah sekali. Keberadaan ojek online dengan tarif yang terkesan seenaknya sangat mematikan angkutan umum lainnya.

Apalagi jumlah supir ojek online hampir ditiap-tiap sudut jalan ada.

"Jika ojek online dibiarkan, lantas kami para tukang becak mau mendapatkan uang dari mana lagi." ujar Rasmono

Menurut Rasmono, seharusnya sebelum menentukan tarif, alangkah baiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan paguyuban-paguyuban supir dan tukang becak, sehingga akan menjadi satu kesepakatan harga.

Kalau seperti ini, dengan tarif yang lebih murah, kami tidak mendapatkan penumpang. Adanya gojek sangat meresahkan kami, benar-benar sepi penumpang.

Menanggapi persoalan tersebut, Plt Dishub Kota Tegal, Drs. Johardi mengatakan Dishub sangat menghargai semua pihak. Yang perlu diketahui bahwa untuk ojek online sampai saat ini memang belum diatur oleh Kementerian Perhubungan,  jadi ojek online juga sama seperti ojek konvensional atau ojek biasa. Baik pemberlakuan tarif atau hal lainnya memang diserahkan dan diatur sendiri oleh ojek online ataupun ojek biasa.

Berbeda dengan angkutan kota dan umum memang sudah ada standar tarif yang sudah ditentukan. Namun pada intinya harus bisa saling mengerti, saling menghargai dan jangan ada persaingan negatif karena mereka juga sama-sama harus bisa menghidupi keluarganya.

Dishub juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing pihak, jangan ada salah satu yang menjadi korban. Sebisa mungkin ada semacam perjanjian atau kesepakatan bersama perihal tarif.

Top