Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Industri Kecil dan Menengah memiliki peran yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh. Peran Industri Kecil dan Menengah dirasakan sangat penting terutama dalam aspek-aspek seperti kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi masyarakat. Pembangunan industi khususnya industry kecil menengah diarahkan agar IKM Kota Tegal memiliki daya saing dan berperan signifikan dalam penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Permasalahan pada pengembangan industry kecil menengah secara garis besar adalah terletak pada masalah SDM. Permodalan dan Pemasaran produknya. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustiran Kota Tegal merupakan organisasi perangkat daerah yang salah satu tugas pokok dan fungsinya melaksanakan pembinaan di bidang industry khususnya untuk industry kecil dan menengah. Gelar produk IKM Kota Tegal merupakan salah satu upaya meningkatkan pemasaran dan daya saing produk IKM, disamping juga untuk penguatan da produktifitas. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Kota Tegal senantiasa berkomitmen untuk memberikan dorongan dan pembinaan agar IKM di Kota Tegal dapat tumbuh berkembang berdaya saing dan mampu menopang perekonomian.

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustriaan Kota Tegal menyelenggarakan Gelar Produk IKM tahun 2017 di Diamond Hall Rita Mall Kota Tegal, Jum’at (28/7). Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Tegal, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah, Lembaga Keuangan, Perbankan, BUMN.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal Ir. Haryana, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan IKM, menguatkan mental IKM di ajang persaingan modern sehingga menjadi pelaku usaha yang unggul baik dalam pemasaran lokal maupun global.

Dikatakan Haryana, Gelar Produk IKM dari tangal 28-30 Juli 2017 diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari 52 IKM yaitu IKM Sandang, IKM Olahan Makanan, IKM Kerajinan, logam dan aneka. Adapun untuk bentuk kegiatan yang ditampilkan dalam Gelar Produk IKM yaitu, pameran produk-produk IKM sandang, olahan makanan, IKM kerajinan, IKM logam dan IKM aneka se Kota Tegal, demo dari pengrajin antara lain demo membatik, demo kerajinan glass printing dan demo produk kerajinan logam, serta lomba IKM terbaik.

Sementara itu, Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno dalam pembukaan Gelar Produk IKM mengatakan bahwa sekarang merupakan eranya ekonomi kreatif sehingga pelaku IKM harus bisa mengetahui potensi apa yang dimiliki supaya bisa dikembangkan menjadi satu produk ekonomi untuk bisa dipromosikan. Selain itu, para pelaku IKM juga harus mendapatkan pendampingan, seperti bagaimana membuat skema, strategi mulai dari pembiayaan, pemasaran, kemasan dan lain sebagainya.

Untuk itu, Walikota meminta kepada lembaga keuangan dan koperasi untuk bisa terjun ke masyarakat memberikan pemahaman bahwa produk yang dihasilkan layak untuk dijual dipasar.

Menurutnya, IKM Kota Tegal adalah roda, roda untuk membangun dan menjalankan perekonomian karena Kota Tegal merupakan kota perdagangan dan pro investasi sehingga ini merupakan peluang yang luar biasa. “Semangat, buatlah satu produk yang kreatif dengan kemasan yang sempurna, pasar yang dilebarkan sayapnya menjadi home industri yang betul-betul masuk dalam era ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Diakhir pembukaan kegiatan tersebut, walikota beserta jajarannya mengunjungi stand pameran.

Top