Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

JAKARTA - Pementasan Gelar Budaya Kota Tegal dan Pameran Produk Unggulan Kota Tegal yang diselenggarakan Pemkot Tegal berlangsung meriah. Berbagai aksi pertunjukan di tampilkan dalam pagelaran yang diadakan di Panggung Ojo Dumeh Anjungan Provinsi Jawa Tengah. Sabtu (29/7). malam.

Acara diawali dengan Penampilan Walikota Tegal bersama seluruh jajaran OPD yang menyanyikan lagu malam minggu serta senam Gemu Famire. Selanjutnya penampilan Tari Merak Seribu Sayap oleh siswi SMP se Kota Tegal. Puncak acara di isi dengan Tari Gebyar Tegal Pesisir yang menceritakan ragam kebudayaan serta produk unggulan Kota Tegal. Tidak ketinggalan Tim Paduan Suara Gita Bahana Sebayu juga ikut ambil bagian dengan menyanyikan lagu Mars dan Hymne Kota Tegal ciptaan Joshua Igho dan Firman Hadi.

Bajari SE selaku ketua panitia dalam sambutanya mengatakan maksud diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk melestarikan dan mengangkat seni budaya Kota Tegal. Adapun tujuanya dikatakan Bajari, untuk mengembangkan seni budaya Kota Tegal serta untuk memberi wahana bagi seniman di Tegal untuk menampilkan kreatifitas nya. Tidak hanya itu kegiatan tersebut juga sebagai upaya promosi mengenal kan produk unggulan Kota Tegal melalui pameran produk unggulan. Untuk pameran produk unggulan yang dibawa antara lain Batik Tegal, sarung tenun dan produk berbagai hasil kerajinan tangan.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu Dr. Suswono yang hadir dalam sambutannya mengatakan gelar budaya dan pentas seni yang diselenggarakan Pemkot Tegal patut di apresiasi. Menurutnya, kegiatan seni dan budaya penting untuk mengasah jiwa perasaan dalam konteks berhubungan dengan manusia.

Dikatakan Suswono, Tegal tidak asing di Jakarta, terutama semangat jiwa usaha masyarakat nya dengan simbol Wartegnya. " Ini sangat membantu orang Jakarta, tidak bisa dibayangkan jika Warteg mogok, Jakarta pasti geger", ucapnya. Warteg menurut nya telah memberi kontribusi bagi pekerja kelas bawah. "Keberadaan warteg sangat membantu mereka pekerja yang berpenghasilan terbatas dan itu diakui" tambahnya.

Suswono juga mengapresiasi Indeks Pembangunan Manusia Kota Tegal yang masuk 10 besar di Jawa Tengah Tengah. Pembangunan Kota Tegal sudah maju , harapanya modal ini bisa berkembang. Suswono juga berharap orang Tegal yang ada di Jakarta dapat diberdayakan pemikiran nya untuk membantu pembangunan Kota Tegal "Ajak senior senior di IKBT, agar bisa ditimba ilmu dan pengalaman nya bagi anak muda Tegal", pesan Suswono. "Kita punya lebih 40 paguyuban. Yang tergabung di IKBT, silahkan undang ke Tegal untuk berbagi ilmu dan pengalaman",terangnya.

Apresiasi juga diberikan atas pagelaran tersebut, Suswono mengajak agar Pemkot Tegal dan masyarakat melestarikan seni dan budayaan yang ada, selain itu bagaimana menggali seni yang lama agar muncul kembali agar dapat disaksikan generasi penerus. " Meskipun tantanganya besar, tapi saya yakin akan ada rindu untuk melihat seni seni tersebut", katanya.

Sementara itu, Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno dalam sambutanya mengatakan kegiatan Gelar Budaya dan Pameran Produk Unggulan Kota Tegal merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkot Tegal setiap tahunnya. Selain itu, kegiatan tersebut dikatakan walikota merupakan ajang promosi melalui pementasan seni budaya dan produk unggulan. "Modal Kota Tegal sudah ada, karena selama ini Tegal sudah terkenal dengan warteg nya,karena itu warteg menjadi potensi dan aset bagi perekonomian di Indonesia dan di Tegal, dan inilah keunggulan kita" ucap Walikota.

Dengan modal tersebut dirinya berharap, dengan adanya kegiatan promosi melalui pentas seni dan budaya serta pameran produk unggulan, masyarakat di Indonesia makin mengenal Kota Tegal. Harapan nya selain warteg, potensi ekonomi lainnya juga akan semakin dikenal.

Berikut nya walikota berharap ajang tersebut juga menjadi ajang Silahturahmi IKBT dengan Pemkot Tegal. "Saya harap senior senior, yang ada di IKBT dapat berbagi berbagai informasi, ilmu dan pengalaman yang dimiliki nya dengan Pemerintah dan Generasi Muda Kota Tegal. Terakhir Walikota mengajak agar, IKBT dapat segera ke Tegal." Main lah ke Tegal, sudah perubahan perubahan infrastruktur, Kota Tegal juga sudah banyak mendapat penghargaan, mari bersama memajukan dengan pemikiran dan ide kreatifitas, untuk wujudkan Kota Tegal yang makmur dan sejahtera" pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno, Wakil Walikota Tegal HM Nursholeh, M.MPd, Mewakili Kapolda Jawa Tengah Kapolres Tegal Kota AKBP Semy Romi Thaba. Perwakilan Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah Retno Palupi, Anggota DPR RI Teguh Juwarno dan CEO Harian88 H. Amir Mirza, SE

Top