Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II tahun 2017 di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal resmi ditutup Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tegal Letkol Mar. SB. Manurung, Rabu (2/8) pada upacara penutupan di SD Negeri Panggung 13.

Hadir pada upacara tersebut Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno, Wakil Walikota Tegal H.M Nur Sholeh, Kasdim 0712 Tegal Mayor Inf. Sugihartono, Kabagops Polres Tegal Kota Kompol Muslih, Pasiter Brigif 4/Dewa Ratna, Dansubdenpom IV/1-3/Tegal, Kasi Intel Kajari Kota Tegal, Forkompinda dan para Veteran.

Upacara penutupan TMMD yang bertema Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI diikuti kurang lebih 500 personil dari berbagai unsur.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tegal Letkol Mar. SB. Manurung sebagai inspektur dan sebagai komandan upacara adalah Danramil 07/Adiwerna kodim 0712 Tegal Kapten Inf .Suswantoro.

Perwira TMMD Sengkuyung tahap II Danramil 12/Jatinegara Kodim 0712 Tegal Kapten Inf. Agus Kuntoro dalam laporannya mengatakan pelaksanaan pembangunan antara tentara dengan masyarakat yang dimulai sejak tanggal 4 Juli sampai dengan 2 Agustus 2017 telah berhasil menyelesaikan beberapa pembangunan fisik dan non fisik.

Sasaran fisik yang telah diselesaikan 100% meliputi pavingisasi dengan panjang jalan 74 meter dan 124 meter, lebar 1,60 meter dan tinggi 0,13 meter. Pembuatan talud dengan panjang 50 meter, lebar 0,40 meter dan tinggi 0,80 meter. Pembuatan crossing panjang 0,90 meter, lebar 0,60 meter dan tinggi 0,15 meter

“Untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kenakalan remaja, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat”, ungkap Kuntoro.

Danlanal Tegal saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengatakan para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99, Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara.

“Kesempatan yang sangat baik ini sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor”, pungkasnya.

Sementara usai upacara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TMMD Sengkuyung tahap II, pada kesempatan tersebut Wali Kota Tegal KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno berpesan agar semua elemen memelihara apa yang telah diselesaikan pada TMMD Sengkuyung tahap II ini. Pada kesempatan itu pula, Wali Kota mendengar aspirasi warga yang meminta agar penerangan jalan agar lebih maksimal .

Saat itu pula Wali Kota menginstruksikan kepala OPD terkait untuk menambah penerangan jalan dan lahan yang kosong untuk dijadikan taman.

Top