Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL-Dinas-DinasKelautan dan Perikanan, Pertanian, dan Pangan Kota Tegal menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban, Kamis (24/8) di Masjid Agung Kota Tegal. Kegiatan pelatihan juru sembelih itu diikuti sebanyak 27 peserta yang dimaksudkan agar daging kurban layak dan halal dikonsumsi masyarakat.

Kepala DKP3 Kota Tegal Ir. Noor Fuady mengatakan pelatihan tersebut diberikan agar para takmir masjid dapat mengerti bagaimana cara menjatuhkan dan menyembelih sapi dengan baik dan benar, baik dari kesehatan maupun dari agama.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjatuhkan hewan kurban menggunakan tali besar. Saat hendak menyembelih sapi, tali cukup dililitkan ke tubuh sapi dengan beberapa pola. Pola ini nantinya akan membuat sapi tersebut mudah terjatuh tanpa perlawanan.

“Cara seperti ini mempermudah kita bagaimana merobohkan sapi dengan mudah meskipun dengan jumlah petugas yang terbatas, sehingga keadaan sapi tidak mudah stress. Karena apabila sapi mengalami stress akan berpengaruh dengan kualitas dagingnya,” ungkap Noor Fuady.

Kepala Bidang Peternakan Zainal Ali Mukti, menambahkan agar menghasilkan kualitas daging yang bagus, sebelum disembelih hewan terlebih dulu dipuasakan namun tetap diberikan minum. “Hewan kurban dipuasakan satu hari akan membuat kualitas dagingnya bagus,” imbuh Zainal.

Sementara itu, salah satu takmir Kamsor mengatakan pelatihan ini niatnya tholabulilmi, memberi pengalaman baru kepada para penyembelih dalam menjatuhkan hewan kurban. Ia mengaku biasanya saat menjatuhkan sapi dengan diikat kakinya kemudian ditarik ramai-ramai dan sangat sulit dirobohkan.

“Akhirnya kami jadi tahu cara yang mudah untuk menjatuhkan sapi dan ternyata mudah sekali”, ungkap pria takmir masjid Baitus Sholihin Panggung.

(Sa. Amin/wartabahari.com)

Top