Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Setelah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama kurang lebih 2 bulan, sebanyak 205 mahasiswa akhirnya ditarik kembali oleh Universitas Pancasakti untuk kembali mengikuti perkuliahan. Acara penarikan mahasiswa KKN ini dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Tegal Selatan, Kamis (7/9).

Rektor UPS Tegal Prof Dr. Wahyono, SH.MS mengatakan KKN merupakan program intrakulikuler dengan tujuan utama untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan fokus pemberdayaan masyarakat. Sesuai dengan temanya yakni Posdaya kepanjangan dari Pos Pemberdayaan Keluarga dengan ikon Daya Sakti yang dimaksudkan Posdaya kekhususan Universitas Pancasakti.

Untuk tahun ini ada sebanyak 205 mahasiswa yang terbagi di 16 Kelurahan, di Kecamatan Tegal Timur, Tegal Barat, Tegal Selatan dan Margadana. Selama kurang lebih 2 bulan mahasiswa telah membina 16 kelompok Posdaya.

KKN Daya Sakti merupakan KKN melanjutkan program mahasiswa KKN tahun 2016. Tiap-tiap kelompok diharuskan memperoleh hasil kegiatan unggulan yang bermanfaat dan berdampak luas bagi masyarakat. Dari mulai bidang lingkungan seperti pengelolaan sampah ditingkat Kelurahan, pembenahan lingkungan kumuh dan bidang lainnya. Dengan langkah ini, mahasiswa akan merasakan banyak pengalaman dan pembelajaran, turun langsung ke masyarakat dengan berbagai macam karakteristik masyarakat.

Dari hasil seleksi yang dilakukan Panitia, terpilih kelompok KKN yang memenangkan program unggulan yaitu Kelompok Kelurahan Muarareja dengan program unggulan Kerajinan Kerang. UPS berharap program unggulan tersebut bisa mendapatkan perhatian dan pembinaan lanjutan, baik dari Pemerintah maupun Dinas terkait. Begitu pula dengan program dari kelompok-kelompok Posdaya yang lain.

Ditambahkannya, karena masa KKN telah usai, maka UPS menarik kembali mahasiswanya untuk kembali melanjutkan aktivitas akademik di kampus.

Top