Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Desak Pemerintah Myanmar Hentikan Kerusuhan

Ratusan umat muslim kota Tegal dan sekitarnya Jumat (8/9) berkumpul di depan Masjid Agung Kota Tegal usai melaksanakan sholat Jumat. Mereka berkumpul untuk menggelar aksi keprihatinan yang menimpa muslim Rohingya di Myanmar. Kekejaman terhadap muslim Rohingya harus segera dihentikan.

Ketua PBNU Kota Tegal Abdal Hakim yang turut hadir memberikan orasinya. Pihaknya mendesak, mendorong dan mendukung Pemerintah Indonesia untuk menyampaikan kepada Pemerintah Myanmar agar menghentikan kerusuhan, kekejaman dan pembunuhan suku Rohingnya.

Suku Rohingnya merupakan muslim yang berdakwah di Myanmar. Mereka yang tidak bersalah diburu, dan mendapat perlakuan buruk. Abdal Hakim prihatin, berharap peristiwa Rohingya segera dihentikan.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Semmy Romy yang turut hadir juga menyayangkan tindakan kejam di Myanmar. Namun sebagai aparat, pihaknya juga ungin agar situasi di wilayahnya sendiri tetap kondusif. Karenanya, selalu berkomunikasi dengan ulama, justru agar tidak terjadi gejolak di negeri sendiri. Menurutnya keprihatinan masyarakat jangan diisi dengan tindakan anarkis, tetapi dengan mendukung langkah pemerintah dan mendoakan bersama.

Dari Aswaja Center Kota Tegal Abdul Aziz mengungkapkan sangat mengutuk keras mereka yang melakukan kekejian di Rohingya. Mereka tak bersenjata, mereka tak melawan, mereka hanya masyarakat kecil biasa, tidak seharusnya mendapatkan perlakuan buruk dan kasar.

Ulama lain yakni Habib Soleh Basalamah menuturkan bahwa muslim Rohingya juga saudara kita. Sungguh tidak dibenarkan melakukan pembantaian, pembunuhan semena-mena. Ulama tentunya sepakat dan meminta pemerintah secepatnya bertindak untuk Rohingnya.

Usai berorasi, ratusan umat muslim yang hadir memenuhi halaman depan Masjid Agung hingga Alun-alun Kota Tegal ini memberikan donasi bantuan dana sukarela. Tidak hanya muslim dari kota Tegal saja tetapi juga dari Kabupaten Tegal dan Brebes turut hadir

Top