Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Setiap orang berhak memiliki hobi bahkan fanatik dengan hobinya juga sah-sah saja. Seperti hobi bersepeda yang dilakoni Ismail (48) warga asli Indramayu yang sudah menempuh beribu-ribu kilometer hanya dengan sepeda dan bekal ala kadarnya.

Sejak 1989 Ismail sudah bersepeda sampai Bali, NTB, Timor Timur, Merauke, Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera sudah dijelajahinya. Kali ini dari Jabodetabek, Jawa Barat, hingga singgah di Tegal dan menumpang bermalam di Radio Sebayu FM Selasa (12/9).

Ismail (48) menuturkan bahwa dirinya mulai bersepeda sejak Juni tahun 1989. Berbekal restu dari orang tua dan sepeda ala kadarnya dia mengawali jarak tempuh jauh ke titik nol pulau Bali dilanjutkan ke NTB, NTT, Timor Timur, Irian, Maluku. Tidak hanya itu Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Aceh sampai Lampung, Batam dan Pulau Jawa sudah pernah disinggahinya.

Diungkapkan Ismail, karena sudah menyukai sepeda jarak yang jauh tak begitu terasa. Suka duka dalam perjalanannya begitu banyak dari pernah disandera oleh kelompok separatis waktu singgah di Timor Timur, juga pernah oleh OPM, hingga pernah dihukum adat oleh Suku Dhani karena menabrak babi. Disidang dan menjalani hukuman tiga hari tiga malam direndam dirawa. Ismail juga pernah dihadang harimau ketika melintas diwilayah Sumatera.

Dengan bekal seadanya, ketika akan menyeberang pulau Ismail hanya bisa melapor ke Syahbandar, atau jika akan menumpang pesawat dirinya harus melapor ke PT Angkasa Pura atau ke TNI AU.

"Asalkan ijin pasti dapat bantuan tumpangan dan gratis", ujarnya

Dari sisi sukanya, Ismail mengakui banyak bertemu dengan orang dari berbagai suku dan karakter. Banyak saudara-saudara baru yang dikenalnya. Setiap hari Ismail memulai bersepeda pukul 09.00 sampai pukul 16.00 dan setiap 3 atau 4 jam sekali beristirahat di SPBU atau di radio-radio pemerintah.

Setelah dari Tegal, rencananya Rabu (13/9) akan menuju ke Ajibarang, dan Purwokerto. Untuk tetap kuat dan sehat, Ismail hanya memperbanyak minum air putih dan makan bawang putih mentah setiap harinya.

Top