Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Prosesi Sedekah Laut tentunya tidak asing lagi ditelinga kita sebagai masyarakat pesisir. Tradisi tahunan yang kerap diadakan di bulan Muharam merupakan tradisi sebagai wujud syukur para nelayan dan pemilik kapal. Selama beberapa hari, nelayan akan mengadakan rangkaian acara dari mulai kirab ancak, hiburan, pentas wayang hingga larung ancak ke tengah laut. Di kota Tegal, sedekah laut sudah diadakan sejak Sabtu (30/9) kemarin.

Ketua Panitia Sedekah Laut Hadi Santoso, mengatakan acara sedekah laut ini merupakan hasil kesepakatan dan musyawarah bersama nelayan dan unsur terkait hingga disepakati dilaksanakan pada 2 Oktober 2017 untuk puncak acaranya yakni dengan melarung ancak.

Sementara untuk tasyakuran sudah dilaksanakan Sabtu (30/9) dan kirab ancak pada Minggu (1/10) dan siangnya hiburan pentas wayang dan orgen. Untuk puncak acara yakni upacara sedekah laut dan larung ancak dilasanakan hari ini (2/10), malamnya akan dipentaskan wayang dengan dalang Ki Enthus dilaksanakan di pelabuhan timur. Tidak hanya itu, didalam sedekah laut juga ada bhakti sosial dan pembagian hadiah kepada para nelayan yang berprestasi menjual hasil tangkapan melalui lelang dengan jumlah terbanyak.

Dari mulai prosesi tasyakuran, hiburan, kirab dan upacara hingga larung ancak, warga selalu memadati. Mereka ada yang hanya sekedar ingin melihat atau bahkan ingin ikut menaiki kapal, melarung ancak di tengah laut.

Tahun ini tahun prihatin.

Hadi juga mengungkapkan bahwa tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun musibah atau prihatin bagi nelayan. Sebab dalam satu tahun ini, sedikitnya ada 5 kapal dari Kota Tegal yg tenggelam dan 25 orang ABK yang sampai saat ini belum diketemukan, dan 5 orang ABK yang meninggal dan diketemukan. Dari 5 ABK yang meninggal dan diketemukan salah satunya adalah nelayan korban tembak oknum aparat yang tidak bertanggung jawab. Hadi bersama seluruh nelayan meminta kepada pemerintah dan aparat untuk bisa bekerja dengan baik, melindungi dan mengayomi masyarakat bukan malah menyakiti masyarakat.

Pada prosesi upacara sedekah laut di halaman KUD Karya Mina Kota Tegal, diberikan pula bantuan paket sembako kepada 3 anak yatim piatu, 3 orang jompo dan janda nelayan dan 3 anggota KUD.

Top