Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tidak dipungkiri perkembangan zaman dari masa ke masa selalu dibarengi dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi. Dulu orang menonton televisi masih dengan pesawat televisi yang hanya berwarna hitam putih. Tetapi kini, televisi sudah semakin canggih dari mulai televisi yang sudah berwarna, teknologi remote, sampai sekarang televisi bentuk LED.

Begitu pula dengan pesawat telpon, dari telepon rumah yang tidak bisa dibawa kemana-mana, sekarang sudah tercipta handphone dengan berbagai macam kecanggihannya. Mau tidak mau, masyarakat tetap harus menerima adanya perkembangan teknologi ini. Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Joni Marsius, pada Seminar Nasional "Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Pantura Melalui Inovasi dan Investasi", Senin (9/10) di Hotel Pesonna.

Menurutnya, perkembangan teknologi juga dapat mengubah tatanan ekonomi. Seperti sekarang ini semuanya serba dilakukan online, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke pasar, supermarket, karena sudah bisa membeli secara online, bisa melalui aplikasi, pesan antar dan sejenisnya. Perkembangan teknologi bagai sebuah mata pisau yang tajam. Disatu sisi, kita semakin nyaman dengan kemudahan-kemudahan dari perkembangan teknologi. Disisi lain apabila kita tidak berubah mengikutinya, kita akan terperangkap dalam zona nyaman dan akan tertinggal.

Dari sinilah, sebagai wiraswasta, pengusaha harus mau mengikuti teknologi yang berkembang. Dicontohkan Joni, para tukang ojek dulu nyaman menjadi ojek pangkalan. Ketika sekarang sudah menggunakan sistem online atau lebih dikenal ojek online, mereka yang tidak mau berubah akan tertinggal, ditinggalkan customernya. Karenanya jangan menganggap perkembangan teknologi sebagai ancaman. Namun jadikanlah sebagai peluang. Ada banyak perusahaan yang bangkrut lantaran tidak mau berkembang, namun ada pula perusahaan atau usaha yang maju setelah mengikuti perkembangan teknologi.

Top