Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Penarikan pajak merupakan salah satu sumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebuah daerah, dan untuk mendorong peningkatan pendapatan di bidang pajak perlu upaya-upaya dan strategi agar memperoleh pendapatan asal pajak yang maksimal, dan Kota tarakan dinilai memiliki strategi penarikan pajak yang sudah baik, demikian disampaikan Plt. Walikota Tegal, Drs. M. Nursholeh, M.MPd saat mengikuti Tanya jawab studi banding Pemerintah Kota Tegal ke Kota Tarakan, dimana pertemuan tersebut diterima langsung oleh Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si beserta jajarannya di ruang Walikota Tarakan, Kamis, (26/10)

Menurut Nursholeh KN ada banyak kemiripan antara kota Tarakan dengan kota Tegal, sama-sama berada di daerah pesisir, jumlah penduduk dan jumlah kecamatan dan kelurahan yang hampir sama, hanya jika dilihat dari luas memang berbeda dengan kota Tegal. Namun menurut Nursholeh yang menarik untuk cermati adalah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tarakan untuk memaksimalkan pendapatan dari pajak, melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pajak.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si, menyampaikan ada beberapa upaya-upaya yang dilakukan dalam
intensifikasi dan ektensifikasi pajak, salah satunya adalah dengan mengundang wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya selain secara terus menyempurnakan regulasinya.

Mengundang wajib pajak, wajib retribusi yang tidak lancar agar kewajibannya dapat ditunaikan, dan menurut Sofian Raga usaha untuk mencapai target tersebut adalah usaha menanamkan kesadaran masyarakat dan menumbuhkan semangat rela membayar pajak.

Selain upaya yang dilakukan tersebut, Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan dan Pendapatan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Tarakan menyampaikan bahwa pihaknya juga meningkatkan adanya kepastian hukum, dengan melakukan penagihan seketika dan sekaligus kepada wajib pajak yang sudah jatuh tempo, kemudian melakukan pengawasan terhadap SPTPT yang disampaikan oleh wajib pajak khususnya bagi jenis pajak yang di bayar sendiri, bekerja sama dengan satpol PP melakukan pembinaan dan penertiban yang merupakan upaya-upaya intensifikasi, melakukan kerja sama dengan bpkp dalam rangka memeriksa dan meningkatkan pengawasan kepatuhan wajib pajak, serta bekerja sama dengan kejaksaan negeri tarakan.

Sementara dalam upaya ekstensifikasi dilakukan pada peningkatan jumlah wajib pajak, dengan mendata tanah-tanah yang belum terdaftar sebagai objek pajak, selain melakukan pendataan objek pajak secara berkala dan berkelanjutan terhadap semua jenis pajak.

Selain bertemu dengan Walikota Tarakan rombongan juga melaksanakan kunjungan lapangan ke beberapa Dinas Terkait di kota Tarakan, kunjungan dilaksanakan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana pengelolaan anggaran serta bagaimana pengelolaan asetnya sehingga dapat meraih opini WTP "

 

Top