Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Penanganan dan pengembangan kampung Nelayan Tegal Sari akan dipercepat, Proyek yang sebelumnya ditargetkan selesai tahun 2019, namun berdasarkan instruksi Menteri PUPR Republik Indonesia agar dipercepat, dan ditargetkan 2018 minimal sudah bisa dilihat perubahannya. Dan saat ini sudah nampak perubahan wajah perkampungan nelayan Tegalsari, demikian disampaikan Menurut Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rina Farida, saat melakukan tinjauan bersama Plt. Walikota Tegal Nursholeh, di Perkampungan nelayan Tegalsari, Rabu (8/11).

Menurut Rina Farida pembangunan di kawasan Tegalsari merupakan Perintah Presiden jokowi yang menugaskan Direktorat Jendral Cipta Karya untuk membangun kawasan nelayan tepi air. Ia menjelaskan di tahun 2015, Presiden Jokowi berkunjung dan melihat kondisi perkampungan nelayan Tegalsari yang padat dan kumuh, dan oleh karena itu melalui kementerian PUPR ditugaskan untuk merubah kawasan kumuh Tegalsari yang notabene masyarakatnya bermata pencaharian nelayan, perlu di tata dan dirubah wajahnya.

Saat ini dari yang dulunya digunakan sebagai tempat membuang sampah dan kini tengah di rubah menjadi Ruang Terbuka Hijau yang bisa di gunakan anak-anak untuk bermain.

Ia berharap setelah pengelolaannya diserah terimakan ke Pemerintah kota Tegal dapat dipelihara dengan baik. Saat ini pihaknya terus melanjutkan proyek ini sampai tahun 2018 mendatang. Ia menargetkan tidak hanya tepi sungai saja yang dirubah wajahnya, namun di dalam perumahan nelayannya sendiri akan di tata, melalui kegiatan “Kota tanpa Kumuh” (Kotaku), mudah-mudahan wajah kawasan perkampungan Tegalsari ini bisa berubah yang tadinya berperilaku hidup kurang sehat menjadi perilaku hidup sehat.

Sementara itu, Plt. Walikota Tegal ditempat yang sama mengapresiasi senang dengan adanya program Pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR yang telah membantu Kota Tegal, Ia melihat langsung betapa kepedulian pemerintah pusat, atas nama Pemkot Tegal Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat. Nursholeh mohon kepada pemerintah pusat kedepan pengembangan ini tidak hanya di kelurahan Tegalsari saja namun bisa berkembang di kelurahan-kelurahan yang lain di kota Tegal.

Terkait kendala yang dihadapi terkait dengan pembangunan proyek Kampung Nelayan Tegalsari dari pihak Pemkot sebetulnya sudah melakukan pendekatan, dan mudah-mudahan secara persuasi persoalan beberapa warga yang rumahnya terkena proyek dibantaran sungai sibelis bisa segera bisa diselesaikan dengan baik.

Nursholeh berharap dengan adanya penataan pemukiman di Kelurahan Tegalsari yang notabene sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan ada juga masyarakat yang memproduksi kapal, harapannya dengan penataan ini bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat baik dibidang kesehatan, kenyamanan dan keamanan dan peningkatan sirkulasi ekonomi kerakyatan.

Top