Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL- Dalam upayanya meningkatkan ketrampilan dan daya saing siswa dan siswinya di dunia kerja, SMKN 3 Kota Tegal melaunching (meresmikan) kawasan industri Teaching Factory Nautika Kapal Pengakap Ikan, Teaching Factory Teknik Pemesinan dan Teaching Factory Multimeida di lingkungan sekolah. Kawasan industri di sekolah ini merupakan bagian dari Program Revitalisasi dan Pengembangan SMK yang dilakukan SMKN 3 Kota Tegal bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan siswa SMK di kawasan industri nasional dan kawasan ekonomi khusus.

Peresmian dilakukan oleh Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd dan Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Tegal Drs. Bejo, M,Mpd. Sabtu (11/11) di Halaman Tengah SMKN 3 Kota Tegal. Dalam sambutan peresmiannya Plt. Walikota Tegal mengungkapkan apresiasinya terhadap program revitalisasi dan pengembangan smk di kawasan industri nasional. Hal ini menurutnya sangat relevan dengan model pendidikan di smk yang memerlukan dan mementingkan praktek.

“Kawasan industri adalah tempat yang paling tepat bagi siswa smk untuk mengaplikasikan pelajaran yang diperoleh, dengan langsung berada di kawasan industri, baik siswa maupun pengajar pengajar akan memiliki gambaran permasalahan apa yang ada di lapangan kerja”, ucapnya. Hal itu menurutnya penting para siswa nanti ketika memasuki dunia kerja nyata mereka langsung cekatan menemukan solusi.

Selain itu dikatakan walikota dengan adanya kawasan industri pihak penyedia lapangan kerja akan sangat terbantu dengan adanya penanganan yang tepat. Oleh karena itu Walikota sangat mengapresiasi dan berterimakasih serta menyambut baik kepada para pihak yang telah mendukung, bekerjasama sehingga program revitalisasi dan pengembangan smk di kawasan industri ini terwujud.

Usai melauncing program tersebut, Plt. Walikota Tegal beserta Direktur PT. Pertamina Jakarta Ir. Toharso dan Analis Kerjasama Subdit Penyelarasan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Sulistiono Mukti Cahyono, MBA beserta rombongan dari Universitas Negeri Semarang dan Forkopimda kemudian meninjau langsung lokasi Teaching Factory Nautika Kapal Penangkap Ikan, ditempat tersebut walikota beserta rombongan di perlihatkan proses pembuatan dan perbaikan alat tangkat ikan jenis Gilnet oleh siswa jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan.

Walikota beserta rombongan juga meninjau Teaching Factory Tekhnik Pemesinan ditempat tersebut walikota diperlihat proses pencetakan suku cadang berbagai mesin dari bahan plat logam. Masih ditempat tersebut, siswa Jurusan Teknik Pemesinan juga memperlihatkan proses cetak printer 3Dimensi. Berbagai Sample hasil printer 3 Dimensi juga di pamerkan ditempat tersebut. Terakhir Walikota juga meninjau Teaching Factory Multimedia yang merupakan tempat praktek bagi siswa siswi penyuka dunia fotografi dan videografi.

Walikota berharap apa yang mulai dirintis ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus dilakukan dengan semangat. “Saya yakin ke depan akan ada banyak tantangan, namun di situlah kegigihan kita diuji, seberapa besar kita mampu berkreasi untuk menaklukkan tantangan dan mengembangkannya menjadi lebih maju”,pungkasnya. Karena menurutnya segala sesuatu yang telah dimulai memang memerlukan ketelatenan dan keuletan.

 

Top