Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Ribuan barang ilegal hasil penindakan Kantor Bea dan Cukai Tegal dimusnahkan di halaman Kantor Bea dan Cukai Tegal, Selasa (21/11). Hal ini sebagai wujud akuntabilitas pengelolaan barang milik negara secara efisien, efektif dan akuntabel, maka dilakukan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN). Adapun pemusnahan ini telah mendapat persetujuan pemusnahan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melalui surat resminya.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Tegal, Bambang mengatakan barang yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan Bea Cukai Tegal Tahun 2016 dan 2017 baik melalui kegiatan operasi pasar, patroli darat, maupun pencegahan barang kiriman pos. Antara lain 1.254 botol minuman beralkohol berbagai kadar dan merk, 74.463 batang rokok ilegal serta 45.410 gram tembakau Iris ilegal. Sedangankan barang hasil penindakan atas kiriman pos antara lain 1 unit kerangka sepeda, 2 unit cctv, 1 unit handphone, 1 pcs drones, 1 pcs gitar, 1 dus USB flashdisk, berbagai jenis pakaian, mainan anak dan kosmetik serta barang lainnya.

Disampaikan Bambang, perkiraan nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp 260.526.878,- dengan perkiraan potensi kerugian negara sebesar Rp 169. 166.289,-. Acara pemusnahan ini disaksikan oleh para pejabat dari Instansi Vertikal Kementerian Keuangan, Institusi Penegak Hukum dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja Bea Cukai Tegal. Barang-barang tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dan dihancurkan menggunakan Stum/ Walls.

Ditambahkan Bambang, penindakan barang ilegal ini merupakan wujud sinergi yang baik dan berbagai instansi terkait di wilayah kerja Kantor Bea dan Cukai Tegal, melalui pertukaran informasi serta dengan melaksanakan operasi bersama. Hal tersebut merupakan bukti komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap barang ilegal.

Top