Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh meminta gerakan Program Pengelolaan Penyakit kronis (Prolanis) bisa ada dan dikembangkan di seluruh kelurahan di kota Tegal. Nursholeh menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Senam dan Kumpul bersama bersama anggota Prolanis kelurahan margadana, Jum’at (22/12) di halaman kelurahan Margadana.

Nursholeh menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu di dorong lagi, karena anggota Prolanis ini adalah sebagian besar penderita kencing manis dan hipertensi yang butuh perhatian khusus dari pemerintah untuk secara rutin memantau kesehatan anggota prolanis.

Pemerintah kota Tegal akan mendorong diselenggarakan kegiatan semacam ini di kelurahan-kelurahan, ia berjanji akan akan menyampaikan himbauan di dalam rakor koordinasi dengan SKPD mendatang, dan akan menyampaikan bahwa di kelurahan Margadana sudah ada dan berjalan senam dan pemeriksaan rutin ibu-ibu penderita kencing manis dan darah tinggi. Ia berharap program Prolanis ini bisa ditiru oleh kelurahan-kelurahan lain.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas kesehatan Kota Tegal, Suharjo menyampaikan bahwa ini sebagai program lanjutan penataan penyakit kronis, untuk saat ini yang dikelola masih pada penyakit kencing manis dan darah tinggi, dan tidak menutup kemungkinan kedepan ada dimasukan juga bagi penderitan penyakit degenerative lainnya.

Program Prolanis ini didalamnya terdapat aktifitas senam, setiap minggu sekali dan di kelurahan Margadana. Yang dibagi kedalam dua kelompok, satu kelompok yang berangkat di hari Jum’at dan satu kelompok lain di hari Minggu, selain senam, mereka juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis dua minggu sekali, baik itu cek tensi dan pengecekan gula darah yang dilakukan secara gratis.

Disamping ada pemeriksaan menurut Suharjo juga dilaksanakan penyuluhan menganai penyakit kencing manis dan penyakit darah tinggi, termasuk bagaimana pencegahan dan bagaimana pengobatannya, agar selain kualitas hidup penderita bisa terus ditingkatkan juga supaya penyakitnya dapat dikendalikan.

Menanggapi keinginan Plt. Wali Kota agar disetiap kelurahan dilaksanakan kegiatan serupa, Suharjo menjawab bahwa sebetulnya sudah ada beberapa kelurahan yang sudah melaksanakan, namun saat ini hanya di kelurahan Margadana yang berjalan dengan baik.

Dikelurahan lain juga sebetulnya sudah aktif, kedepan ia akan mengagendakan agar Plt. Wali Kota mengecek sekaligus memberikan semangat kepada para penderita pada kegiatan serupa di kelurahan lain.

Suharjo berharap, melalui program ini, mereka yang memilki penyakit dan secara rutin mengikuti kegiatan Prolanis agar penyakitnya bisa dikendalikan, kencing manis dan darah tinggi adalah penyakit yang harus dikendalikan secara terus menerus, jika tidak dikendalikan akan kambuh lagi.

Sementara itu Tunaisih ketua Prolanis Kelurahan margadana menyampaikan agar diperhatikan karena anggota sebagian besar selain yang memiliki kencing manis dan darah tinggi , rata-rata usia penderita juga sudah lanjut agar diperhatikan, ia menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah yang selama ini sudah memperhatikan melalui pemeriksaan gratis dan penyuluhan, namun ia tetap menginginkan tetap perhatian pemerintah. Dengan adanya program ini ia merasa terbantu, karena kesehatannya jadi terpantau sebab setiap dua minggu sekali dipantau kesehatannya.

Top