Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Ribuan nelayan dan pemilik kapal yang tergabung dalam Alian Nelayan Indonesia (ANNI) hari ini (8/1) serentak menggelar demontrasi, sebagai buntut kebijakan Menteri Kelautan yang melarang kapal-kapal cantrang beroperasi. Diantaranya nelayan-nelayan yang ada di Pandeglang, Rembang, Tuban, Lampung, Pamekasan, Pati dan termasuk di kota Tegal.

Ribuan nelayan kapal cantrang kota Tegal menggelar demo di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari. Dengan membawa poster penolakan kebijakan larangan kapal cantrang dan orasi, demo juga diisi dengan aksi tratrikal yang menggambarkan penguasa yang sewenang-wenang terhadap rakyat kecil.

Hadi Santoso dari KUD Karya Mina Kota Tegal mengatakan nelayan khususnya Kapal Cantrang merasa tertindas dengan adanya Permen KP No 71. Dengan tanpa bukti Menteri KP menuduh nelayan cantrang merusak ekosistem dan mencuri ikan. Ini perlakuan yang sewenang-wenang, maka menurut Hadi jangan salahkan rakyat dan nelayan apabila nelayan bangkit untuk mendemo.

Riswanto, dari HNSI mengatakan di kota Tegal ada sebanyak 53 ribu orang yang hari ini siap menganggur, karena hari ini mulai dilarang melaut. Di kota Tegal sendiri ada ABK dari 600 kapal cantrang yang ada di Tegal, mulai hari ini tak bisa lagi menghidupi keluarganya. Bisa dibayangkan untuk 1 kapal bisa menyerap ABK 20 orang. Tidak hanya itu, sebanyak 11 unit tempat dan usaha pengolahan ikan fillet, 800 buruh yang bekerja di sektor perikananpun siap menganggur.

Padahal perlu diketahui, bahwa setiap tahun nelayan menyumbang 550 juta yang dibayarkan sebagai retribusi untuk daerah. Karenanya Kamipun juga sudah buatkan petisi dukungan untuk DPRD dan Walikota agar turut mendukung upaya para nelayan menolak kebijakan larangan untuk kapal cantrang.

Pada demo tersebut, hadir Plt Walikota Tegal, H Nursholeh dan Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno yang turut menandatangani petisi dari para nelayan.

Top