Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

IMG-20180201-WA0029Untuk mengimplementasikan Smart City lebih Jauh, Walikota Tegal Drs. H. M. Nursholeh M.MPd bersama Dinas Kominfo Kota Tegal melakukan kunjungan kerja ke Living Lab Smart City Nusantara PT. Telkom di jalan Gunung Sahari Raya Jakarta Pusat. Kunjungan Walikota Tegal pada Rabu (31/01) didampingi oleh Sekda Kota Tegal, Drs. Yuswo Waluyo, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Ir. Gito Musriyono, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tegal, Drs Subagyo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal Drs. Khaerul Huda, M.M dan Kepala Bagian Umum seta Kota Tegal Agus Arifin.

Living Lab Smart City Nusantara dibangun oleh PT. Telkom yang mempunyai tujuan untuk memberi edukasi pada pimpinan puncak di daerah untuk ketahui implementasi jalan keluar kota cerdas. Ada dua rencana arti nama yang di tawarkan PT. Telkom didalam Telkom Smart City Nusantara yakni Digital Broadband Infrastruktur jadi basis basic, serta tujuh vertical solution yang terbagi dalam Smart Government, Smart Education, Smart Healtcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment serta Smart Citizen.

Masuk Ke raung Living Lab Smart City, rombongan melihat beragam simulasi, miniatur dari ruang smartcity yang terdiri dari sebagian blok yakni Smart Government, Smart Industry, Smart Citizen, dan presentasi dari beberapa aplikasi berbasiskan cloud computing jadi penunjang smart city yang dibuat serta di desain oleh PT. Telkom.

Ada sekitaran 80 aplikasi penunjang smart city yang di buat serta dipamerkan, dari mulai aplikasi penunjang Smart Government, salah satunya aplikasi e-Desa, e-Absen, e-Puskesmas, e-Kepegawaian, dan sebagainya.Dibagian Smart Industry di uraikan aplikasi pengelolaan pendapatan dan aplikasi CytySight untuk memonitor beragam beberapa content media social. Lalu dibagian Smart Citizen di uraikan aplikasi Hi City yang disebut aplikasi wisata.

Walikota Tegal Drs. H.M. Nursholeh, M.MPd mengatakan tujuan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara dilakukan untuk mengetahui aplikasi milik PT. Telkom yang bisa diadopsi sebagai penunjang pelayanan masyarakat ataupun pelayanan pemerintah. "Smart City bukan hanya cita cita namun merupakan kebutuhan jaman now " Ujar Kang Nur.

Selain melihat beberapa aplikasi di Living Lab Smart City, rombongan juga melakukan review serta diskusi pada program-program yang sudah jalan di Kota Tegal serta sekaligus Tim dari Telkom SCN lakukan beragam input pada beberapa langkah yang perlu dikerjakan oleh Diskominfo untuk wujudkan Smart City.

Top