Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Jumat (2/2) pagi, suasana Kantor PPP Tegalsari Kota Tegal ramai dikunjungi nelayan. Pasalnya sejak Kamis (1/2) Pemerintah mulai melakukan pendataan kapal-kapal nelayan dengan alat tangkap tidak ramah lingkungan, menindaklanjuti hasil audiensi para nelayan dengan Presiden dan Menteri Kelautan beberapa pekan lalu.

Proses pendataan meliputo verifikasi dan validasi data kapal-kapal yang diajukan. Dari mulai besaran GT, alat tangkap yang digunakan dan besarnya palka atau ruang penyimpanan ikan pada kapal.

H Giman, salah satu pemilik kapal cantrang yang mengikuti proses pendataan mengatakan di kota Tegal sedikitnya ada skitar 4 ribu kapal cantrang. Satu orang, biasanya memiliki lebih dari satu kapal.

Seperti yang saat ini sedang diurus, H Giman mengikuti verifikasi dan validasi data untuk dua kapal cantrang miliknya. Menurutnya, ada petugas khusus yang akan memverifikasi, memeriksa dan meninjau langsung kapal-kapalnya. Dari mulai memeriksa Grosstone (GT) kapal, alat tangkap yang digunakan dan ukuran palka atau bak penyimpan ikan hasil tangkapan.

Jika ditemui kapal-kapal masih dengan ukuran 30 GT maka akan langsung diminta untuk diganti menjadi 70 GT. Hal tersebut harus disesuaikan dengan aturan yang sudah ada.

Pendataan yang dimulai sejak Kamis (1/2), dalam satu hari hanya melayani dan menerima pengajuan data maksimal 40 kapal. Semua data yang masuk dikumpulkan terlebih dahulu, sampai muncul surat ijin dan selama proses tersebut, nelayan tidak diperbolehkan melaut.

Top