Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tiga orang yang mengaku Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Pusat berhasil diamankan Tim Gabungan Anggota Polsek Sumurpanggang Kota Tegal dan Pokja Penindakan Saber Pungli Pemkot Tegal Sabtu (3/2). Tidak hanya itu, mereka juga mengaku sebagai wartawan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Ariyanto melalui Wakapolres yang juga Ketua Saber Pungli Pemkot Tegal Kompol Pri Hariyadi menjelaskan Polsek Sumurpanggang dan Tim Saber Pungli Pemkot Tegal telah mengamankan 3 orang yang mengatasnamakan anggota Saber Pungli pusat dengan melakukan pemerasan sebagaimana yg diatur dalam pasal 368 KUHP tehadap UMR seorang PNS Kecamatan Margadana Kota Tegal.

Ketiga tersangka, dijelaskan Wakapolres yakni FA (41) memiliki pekerjaan asli sesuai KTP sebagai Nelayan, warga Desa. Kertabesuki Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, SA (35) pekerjaan Nelayan warga Jl. Bandeng kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dan AF (28), Karyawan swasta warga dukuh Karangjambu Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Ketiganya juga mengaku sebagai wartawan.

Wakapolres menuturkan kejadian bermula Jumat (26/1) sekitar pukul 11.00 WIB, korban yang sedang bekerja dikantor Kecamatan Margadana didatangi oleh AF dan kawan-kawannya yang mengaku dari Tim Saber Pungli Nasional. Ketika didatangi, pelaku mengatakan kepada korban bahwa korban melakukan kesalahan berupa pungutan liar di kantor Kecamatan sambil mengeluarkan handphone dan kamera serta menaruhnya diatas kursi, padahal pungutan liar tersebut tidak ada dikantornya.

Kemudian, pelaku AF dan kawan-kawannya meminta sejumlah uang kepada korban yaitu sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) akan tetapi korban menawar sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) akan tetapi dijawab oleh teman dari pelaku dengan muka cemberut.

Karena korban merasa takut maka pelaku AF menawarkan kepada korban untuk berdamai sehingga korban menerima permintaan damai tersebut. Dengan syarat untuk perdamaian disepakati dengan nominal Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) dan korban menyerahkan kepada pelaku AF dan kawan-kawannya.

Ditambahkan Wakapolres, ketiga pelaku berhasil diamankan di jalan Jend Sudirman Kab Brebes dan didapat barang uang tunai sebesar Rp 1.600.000. Atas perbuatannya ketiga pelaku dijerat pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman diatas tiga tahun penjara.

Top