Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal menggelar aksi simpatik. Aksi ini dilakukan oleh para jurnalis di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya dengan membagikan cokelat, ice cream di jalan AR Hakim Kota Tegal.

Tidak hanya itu, para jurnalis juga membentangkan spanduk-spanduk bertuliskan pers yang sehat tidak memeras. Dengan tujuan agar masyarakat tahu tugas wartawan.

Mereka juga menyerukan sikap dan mengecam keras adanya aksi pemerasan yang dilakukan orang-orang yang mengatasnamakan wartawan sehingga merugikan nama baik wartawan di masyarakat.

Seruan sikap selanjutnya yaitu, meminta aparat Polres Tegal Kota untuk mengusut kasus-kasus yang dilakukan para pelaku yang mengatasnamakan wartawan, secara tegas dan tuntas.

Kuncoro salah satu wartawan elektroni disela-sela aksi simpatik menghimbau kepada masyarakat untuk memahami kerja jurnalistik yang sejatinya merupakan perwujudan dari pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Jika ada wartawan yang memeras, hal itu berarti tidak selaras dengan kode etik jurnalistik sebagai mana diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Sementara Ketua PWI Kota Tegal Muhammad Sekhun menegaskan pekerja pers itu melakukan pencarian data, verifikasi dan menulis data. Bukan malah sebaliknya, mencari-cari kesalahan seseorang dan melakukan aksi pemerasan atau aksi koboi.

Menurut Sekhun, pernyataan sikap yang dibuat adalah demi tegaknya kebebasan pers dalam mengungkap kebenaran serta menjaga martabat profesi jurnalis dari orang-orang yang menyalahgunakan profesi wartawan untuk melakukan tindak kejahatan

Top