Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pesta Demokrasi yakni Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) yang besok (27/6) dilaksanakan menjadi tahap penentuan siapakan Pasangan Calon (Paslon) yang mendapatkan suara dari masyarakat terbanyak. Segala persiapan sudah dilakukan KPU Kota Tegal termasuk proses pemilihan dan pelipatan kertas surat suara.
 
Dari jumlah kertas surat suara yang masuk, ada 11.466 lembar surat suara yang rusak. Sesuai dengan aturan, surat suara rusak tersebut diharuskan untuk dimusnahkan.
 
Pemusnahan surat suara rusak dilaksanakan Selasa (26/6) di halaman KPU Kota Tegal yang juga turut dihadiri dan disaksikan oleh Pejabat atau yang mewakili unsur terkait yakni dari Polres Tegal Kota, Kodim 0712, Kejaksaan Negeri Tegal, Panwaslu Kota Tegal, Saptol PP Kota Tegal.
 
Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan bahwa pemusnahan surat suara rusak sangatlah penting dan hal ini merupakan amanat sehingga diharapkan tidak ada kecurigaan dari masyarakat. Pemusnahan juga menghindari adanya tindak penyalahgunaan. Agus berharap pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar dan aman.
 
Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto membenarkan bahwasannya sesuai aturan jika memang ditemukan adanya kerusakan pada surat suara, memang wajib untuk dimusnahkan setelah sebelumnya dilaporkan ke KPU Propinsi atau terkait.
 
Sementara dari Sekretariat KPU Kota Tegal Rusliyanto dalam laporannya mengatakan surat suara rusak yang rusak dan tidak digunakan sebanyak 11.466 lembar, terdiri dari surat suara rusak Pilgub ada 9.515 lembar, dan surat suara rusak untuk Pilwalkot 1.951 lembar.

Top