Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Jakarta – Teater RSPD Tegal berhasil menjadi juara umum dalam Parade Teater Daerah (PTD) ke 8 yang digelar di Sasono Langen Budaya TMII Jakarta (22/6). Dalam ajang tahunan tersebut Teater RSPD membawakan lakon ‘’Mantu Poci’’ karya Seful Mu’min dan disutradarai oleh Yono Daryono.

Melalui Mantu Poci, Teater RSPD Tegal yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah meraih Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik (Yono Daryono) dan Aktor Terbaik (Mameth Suwargo) dalam ajang tersebut.

Dalam kesempatanya Yono Daryono mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah diraih oleh Teater RSPD Tegal.

‘’Kami bersyukur bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi Jawa Tengah dan Kota Tegal, tentu itu berkat kerjakeras semua pihak,’’ ujar Yono.
Yono Daryono menerangkan bahwa Mantu Poci adalah sebuah gelar adat di daerah pesisir Kota Tegal. Acara intinya melangsungkan “pesta perkawinan” antara sepasang poci tanah.

‘’Tradisi Mantu Poci dilaksanakan apabila ada pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan, namun berniat menggelar pesta hajatan layaknya keluarga-keluarga lainya. Maka sebagai pengganti mempelainya adalah sepasang poci raksasa yang dihiasi dan didandani layaknya sepasang pengantin,’’ tambah Yono Daryono.

Dalam Parade Teater Daerah ke 8 tersebut diikuti oleh tujuh provinisi diantaranya Jambi, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Riau, Aceh dan Kepulauan Riau.

Top