Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

FPRBTegal Kota_Bencana alam masih terus menghantui wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Tengah. Untuk meminimalisir resiko bencana dan tanggap menghadapi bencana Pemerintah Kota Tegal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Pembentukan FPRB mulai dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi kepada pemangku jabatan terkait di Gedung Sanggar Pramuka Jl. Hangtuah Kota Tegal (26/09).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tegal, Andi Yudi Setiawan mengatakan Forum Pengurangan Resiko Bencana di Fokuskan ke sepuluh kelurahan yang wilayahnya rawan bencana. Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana bertujuan untuk membangun ketangguhan Kota Tegal dalam menanggulangi penanganan bencana melalui sinergitas fungsional masyarakat pemerintah dan dunia usaha. "Melalui forum pengurangan resiko bencana diharapakan memberikan konstribusi melalui advocasy, pengawasan, fasilitasi dan korodinasi bagi semua pemangku kepentingan menuju Kota Tegal yang tanggap dan tangguh menghadapi resiko bencana" ujar Andi Yudi.

Menurut Andi Yudi dari pantuan BPBD Provinsi Jawa Tengah, bencana di Kota Tegal termasuk dalam kategori sedang karena kejadian mulai tahun 2017-2019 ada beberapa kejadian menonjol seperti bulan Februari Tahun 2018 Kota Tegal pernah dilanda banjir yang mengakibatkan beberapa wilayah di tiga kecamatan dilanda banjir parah.

"Nah sepuluh kelurahan di tiga kecamatan ini akan menjadi pilot project pembentukan Forum Penguran Resiko Bencana, pasalnya dari data BPBD Kota Tegal beberapa wilayah di sepuluh kelurahan ini merupakan daerah rawan bencana. Untuk itu BPBD Kota Tegal nantinya siap membantu kebutuhan FPRB tingkat kelurahan berupa kebutuhan operasional dan peralatan" tambah Andi Yudi

Peserta sosialisasi pembentukan FPRB adalah OPD yang masuk dalam FPRB, babimkamtibmas, babinsa 10 kelurahan yang rawan bencana alam serta tokoh masyarakat.

Sementara pengisi materi BPBD Kota Tegal mendatangkan dua narasumber dari BPBD Provinsi Jawa Tengah yakni Chabibullo, S.Ag dengan materi Fungsi dan Peran FPRB Tingkat Kota dan Mika Prastama, S.Sos dengan materi Program dan Strategi Avocasy Pengarusutamaan PRB.

Top