Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

SIPP SP4N LAPOR

Tegal Kota_Pengelolaaan pengaduan pelayanan publik dan penyediaan informasi pelayanan publik melalui sistem informasi pelayanan publik merupakan dua hal yang diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Untuk melaksanakan amanat UU tersebut para admin Sistem Informasi Pelayanan Publik atau SIPP dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) digembleng dengan Bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (KEMENPAN RB) di Harris Hotel Semarang, Senin (07/10).

Asisten Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Muhammad Imanuddin mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi mengatakan SIPP merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat. Fokus evaluasi pengelolaan SIPP meliputi kepemilikan akun, keaktifan akun, pengisian profil instansi, pengisian data jenis layanan, dan kualitas pengisian data jenis layanan.

Sedangkan SP4N LAPOR merupakan sistem yang terintergrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang dalam setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik. Fokus evaluasi pengelolaan SP4N-Lapor meliputi kepemilikan akun, keaktifan akun, jumlah laporan, presentase laporan yang ditindak lanjuti, rata-rata tindak lanjut, dan kualitas tindak lanjut.

"Bimtek ini bertujuan untuk memperkenalkan cara pengelolaan SIPP dan SP4N LAPOR kepada pemerintah daerah sebagai sarana publikasi pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ihwan Sudrajat berharap agar pengelolaan SIPP dan SP4N-Lapor diterapkan di seluruh Kabupaten/Kota, sehingga dengan digelarnya Bimtek ini masyarakat tidak terganggu dengan birokrasi yang berbelit belit.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Bagian Organisasi, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Rumah Sakit Umum Daerah se-Jawa Tengah.

Top