Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     
A. BATIK
  Batik tegalan merupakan batik yang memiliki corak tersendiri dibandingkan dengan batik Pekalongan maupun Solo. Selain corak yang cenderung melebar, besar dan agak kasar ( Gaya Pesisiran ), juga dari segi pewarnaan dinilai lebih berani memadukan warna - warna yang menonjol, Sehingga batik tulis Tegal sangat mudah dikenali. Motif batik yang memunculkan kesan Tegas sekaligus lugas ini menjadi ciri tersendiri bagi batik tulis Tegal. Selain batik tulis, ada pula batik jumputan. Yakni batik yang diproses produksinya menggunakan pola jumputan. Motif batik jumputan memberikan kesan yang abstrak dan santai.
B. SHUTTLE COCK
  Shuttle Cock merupakan produk industri rumah tangga yang tersebar di beberapa Kelurahan di Kecamatan Tegal Selatan dan Kecamatan Tegal Barat. Beberapa nama / merk Shuttle Cock yang bertahan bahkan sering di pergunakan pada event-event dan Sinar Mutiara.
C. SARUNG
  Produksi sarung yang dihasilkan oleh perusahaan / industri Rumah Tangga di Kota Tegal meliputi 2 jenis yakni sarung jenis pelekat yang di produksi dengan Alat Tenun Mesin ( ATM ) dan sarung tenun jenis Byur yang di produksi dengan Alat Tenun Bukan Mesin ( ATBM ). Beberapa perusahaan sarung yang ada di Tegal telah memenuhi permintaan domestik dan internasional terutama ke Negara Timur Tengah dan Afrika.
D. LOGAM
  Potensi Industri Logam di Kota Tegal cukup tinggi salah satu perusahaan besar otomotif di Jakarta seperti Astra mempercayakan untuk memasok Spare Part Otomotif dan mesin. Ini merupakan pertanda bahwa kualitas produk Logam yang dihasilkan oleh industri Logam di Kota Tegal bisa diterima oleh pasar nasional, bahkan salah satu industri Logam di Tegal, Yakni PT. IDE berhasil memproduksi Hand Tractor merk Yu yu yang menguasai pasar alat-alat pertanian di Jawa dan Luar Jawa (1990).
Perusahaan / Industri Logam kelas besar, di Kota Tegal diantaranya PT. ( Persero ) BARATA INDONESIA. Hasil Produksinya antara lain Peralatan Pabrik Gula, Pintu Air ( Bendungan ), dan Tangki (Non/low pressure). Sentra industri logam tersebar di Kecamatan Tegal Timur dan Tegal Selatan.
E. TEH
  Cita rasa Teh Tegal berbeda dengan teh dari daerah lain, Teh Tegal memiliki rasa sepet dan kental yang tidak bisa di temui di daerah lain. Teh TONG TJI misalnya dari dahulu sampai sekarang tetap mempertahankan cita rasa itu, Dengan bentuk dan kemasan yang selalu inovatif mengikuti selera pasar. Tak jarang pendatang dari daerah lain membeli Teh dari Tegal sebagai oleh-oleh.
   
F. JAMU TRADISIONAL
  Sebagai obat alternatif, jamu tradisional masih mampu bertahan di tengah-tengah masyarakat. Walaupun tingkat konsumsi obat-obatan medis sangat tinggi tetapi masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi jamu tradisional dengan alasan tidak mengandung bahan kimia. Salah satu perusahaan jamu tradisional yang di produksi dalam skala besar yaitu jamu PT. IBU TJIPTO, Sedangkan dalam skala kecil menjadi industri rumah tangga yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kota Tegal.
G. Docking Kapal
 



Top