Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Selama proses persiapan pemilu, saat pemilu dan usai pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawasu) Kota Tegal sudah melaksanakan tugas dan kinerjanya sesuai aturan yang berlaku. Sebagaimana Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)-nya Bawaslu yakni dalam hal pengawasan pelaksanaan pemilu. Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto saat Pers Conference Capaian Kinerja Bawaslu Kota Tegal Tahun 2019 di kantor Bawaslu Kota Tegal, Jumat (27/12).

Menurut Akbar dalam tugasnya Bawaslu sebagai lembaga pengawasan Pemilu, tahapan jalannya pemilu, juga pencegahan, tindakan dan sengketa pemilu. Termasuk sosialisasi-sosialisasi pencegahan tindak pelanggaran pemilu.

Ditambahkan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Tegal Wiwoho mengatakan merespon tantangan kekinian pelaksanaan pemilu. Kinerja Bawaslu Kota Tegal mengawasi tahapan pemilu. Dari pengawasan penyusunan data pemilih, pengawasan verifikasi parpol pemilu 2019, pengawasan tahapan pencalonan DPRD Kota Tegal, pengawasan tahapan kampanye, pengawasan tahapan dana kampanye, pengawasan tahapan logistik, pengawasan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara dan pengawasan tahapan penetapan.

Tidak hanya itu saja, kinerja Bawaslu juga ada pasca pemilu, seperti evaluasi pemilu yang dilaksanakan, sosialisasi pengawas partisipatif dengan kelompok sasaran, pembinaan dan pembentukan kelurahan pengawasan, pembinaan dan pembentukan kelurahan anti politik uang, sosialisasi pengawasan partisipatif penguatan kelurahan pengawasan, sosialisasi pengawasan partisipatif penguatan kelurahan anti politik uang, gelar seni budaya Bawaslu, pengadaan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

Untuk evaluasi pemilu, dilaksanakan dengan melibatkan stake holder, awak media dan mitra kerja. Sedangkan untuk pembentukan kelurahan pengawasan yakni ada di Kelurahan Tunon, Kelurahan Margadana dan Kelurahan Panggung. Untuk pembentukan kelurahan anti politik uang yakni di Kelurahan Slerok, Kelurahan Kraton dan Kelurahan Kalinyamat Wetan.

Ditambahkan Wiwoho, terkait dengan penyerapan anggaran, selama tahun 2019 penyerapan anggaran Bawaslu Kota Tegal mencapai prosentase 63,78% dari perencanaan kegiatan. Dari prosentase tersebut, ada beberapa perencanaan kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan oleh Bawaslu. Kinerja yang telah dilaksanakan tentunya dibantu unsur-unsur terkait, aparat berwenang, dan personil pengawasan yang sudah ditempatkan dari dari mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Top