Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

sholat idul adha walikota 2020Tegal Kota - Risalah Idul Adha bermakna untuk kehidupan manusia, karena dalam kehidupan kini diperlukan lebih banyak Ibrahim, Ismail serta Siti Hajar yang lebih nyata di tengah - tengah pergaulan kita sehari-hari. Itulah sepenggal sambutan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kota Tegal Jumat (31/7/2020). 

Walikota Tegal menyampaikan Risalah Qurban dimana Idul Adha berawal dari kisah Nabi Ibrahim AS yang mengurbankan anaknya Ismal AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT yang artinya kita bisa memetiknya sebagai pelajaran hidup untuk memiliki keihlasan dan ketulusan dalam berbuat, meskipun harus mengurbankan hal yang kita cintai. Yang pasti hal ini akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah swt.

"Kita harus menyembelih hawa nafsu, egoisme, ambisi akan harta dan jabatan yang ada pada diri kita masing - masing untuk diberikan sebagai pengabdian kepada saudara, tetangga dan lebih-lebih kepada agama, bangsa negara dan daerah" ungkap Dedy Yon. Keihklasan untuk berkorban itu yang paling utama, agar semua tindakan kita dapat terbebaskan dari kepentingan pribadi dan kelompok.

Hari Raya Idul Adha merupakan jawaban atas sikap manusia moderen, terkait interaksi sosial kemasyarakatan yang selalu berorientasi pada kompensasi, imbal balik atas perhitungan - perhitungan untung rugi atas hubungan kemanusiaan secara horizontal yang tergerus oleh kepentingan-kepentingan dunia, materi, seperti harta dan jabatan.

“Idul Adha merupakan momen berharga untuk berbagi kepada sesama. apalagi di masa pandemi covid-19 ini, seluruh bidang kehidupan manusia terdampak. Saat ini lebih banyak orang yang membutuhkan dibandingkan dengan orang yang berkorban. Namun, justru di masa inilah, keimanan kita diuji dengan ujian yang sebenarnya. Bagaimana kita untuk selalu siap berkorban dalam keadaan apapun,” ujar Walikota.

Drs. Sobirin Ali, S.Ag, M.Pd. dalam Khutbah Idul Adha menyampaikan bahwa dalam Ibadah Qurban, pemenuhan kebutuhan fakir dan miskin menjadi pokok utama pendistribusian daging hewan qurban, sedangkan kerabat dan juga si pequrban tetap diperhatikan. “Akhirnya dalam situasi seperti ini, kita diminta untuk memperbanyak sedekah, doa, istighfar, shalawat, zikir, dan bacaan al-Qur an,” ucap KH. Sobirin Ali

Diketahui Masjid Agung Kota Tegal membagi 2300 kupon, sedangkan hewan Qurban ada 4 ekor sapi dan 33 ekor kambing. Dalam kesempatan itu, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono sumbang satu ekor sapi sebagai hewan Qurban kepada Panitia Qurban /Pengurus Masjid Agung Kota Tegal, sedangkan di Masjid Ats Tsumaeri, Pemerintah Kota Tegal menyerahkan Satu Ekor Sapi dan saat penyerahan di lakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi Kepada pengurus Masjid Ats Tsumaeri, Jumat (31/7/2020).

Top