Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan Lomba Tari Tradisional tingkat SMA/SMK/Sederajat Se-Jawa Tengah. Dengan anjuran pemerintah untuk tetap stay at home, lomba tari tingkat nasional ini dilakukan secara virtual pada (19/09).

“Banyak anak sekolah yang menunda berbagai kegiatan yang akhirnya tidak bias terlaksana. Agar kreativitas pelajar tidak pudar, panitia acara membuat terobosan terbaru yaitu lomba tari secara virtual,” kataBagian Kemahasiswaan PHBSinggih Nur Fauzan.

Tujuan diadakannya acara ini antara lain ingin mengenalkan kesenian daerah Indonesia pada pelajar milenial, dimana saat ini banyak pelajar yang kurang tertarik bahkan tidak mengetahui berbagai kesenian yang ada di Indonesia, salah satunya kesenian tari tradisional.

Lomba Tari Tradisional ini merupakan program kerja Departemen Kajian dan Advokasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PHB. Dengan tema Tarian Nusantara, lomba tersebut mendapat banyak respon positif dari para pelajar. Sebanyak 40 pelajar yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah mengikuti lomba tari ini. Mereka terbentuk dalam 13 kelompok tari, dengan 2 kategori yaitu kategori tunggal dan kategori grup.

Proses penjurian dilakukan di Aula Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal yang diikuti hanya beberapa panitia dan 2 orang dewan juri, yaitu Panji Pramayana dan Sridamayanti.

Sri damayanti menyampaikan kriteria penilaian lomba tari meliputi 3 aspek yaitu Wiraga, Wirama, dan Wirasa. Wiraga itu mengenai ketubuhan dan teknik tari tersebut. Wirama yaitu kesesuaian gerak dengan iringannya, dan Wirasa itu penghayatan peserta pada tarian yang dibawakannya.

“Setelah ketiga aspek tersebut memenuhi, maka penilaian selanjutnya berkaitan dengan penampilan yang cakupannya antara lain make up dan costum, serta kreatifitas yang cakupannya berupa music iringan, olah gerak dan pola lantai,” terang Sri damayanti.

Adapun pemenang Juara 1 lomba tari diraih oleh SMA N 2 Semarang dengan menampilkan Tari Bujang Ganong. Juara 2 diraih oleh Rahma Agusti Nurdari SMA N 1 Banyumas dan Juara 3 Asyidah Kharisma Widyastuti dari SMK N 8 Surakarta.

 

Top